Ide Usaha Pelet Ikan : Cara Membuat Pelet Apung

Ide Usaha Pelet Ikan : Cara Membuat Pelet Apung

Pelet ikan memang sudah menjadi kebutuhan konsumsi untuk budidaya ikan sehari-hari. Cara membuat pelet ikan apung pun bisa dibilang cukup mudah.

Bagi pengusaha ikan atau pembudidaya ikan, setiap harinya mereka memerlukan jumlah pakan ikan dengan stok yang cukup besar, karena dengan pemberian pelet ikan maka ikan akan dapat tumbuh besar dan berkembang.

Pada umumnya, pelet ikan apung dibuat dengan berbagai bahan sumber protein. Pelet ikan lokal diproduksi dengan memanfaatkan bahan baku seperti dedak padi, tepung ikan, kedelai, minyak ikan, jagung, minyak sawit, mineral, dan juga asam amino.

Bahan Utama Membuat Pelet Apung

Bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat pelet ikan apung ini merupakan bahan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi, mudah didapat, mudah diolah, serta tidak beracun atau berbahaya bagi ikan.

Cara membuat pelet ikan apung dengan bahan-bahan lokal ini cukup gampang, sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan.

Membuat pelet ikan apung bisa menentukan takaran bahan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan.

Peluang Usaha Pelet Ikan

Prospek usaha pelet ikan juga sangat cemerlang dengan berbagai potensi yang sudah ada. Kehadiran pelet ikan dengan penggunaan bahan-bahan lokal ini memang disambut hangat bagi berbagai kalangan pengusaha ikan.

Selain itu, proses dalam membuat pelet ikan apung saat ini semakin mudah dengan hadirnya berbagai kebutuhan mesin penunjang pembuatan pelet ikan, seperti mesin pembuat pelet, mesin pencetak pelet ikan, mesin penepung, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Pelet Apung

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini Cara Membuat Pelet Ikan Apung yang bisa Anda lakukan untuk budidaya ikan Anda

Bahan Pembuatan Pelet Ikan Apung

Tepung kedelai 200 gram
Tepung ikan 120 gram
Tepung darah 100 gram
Kaldu 80 gram
Vitamin 50 gram
Tepung daun turi 350 gram
Dedak halus 350 gram
Tepung terigu 100 gram
Garam mineral 10 gram

Cara Membuat Pelet Apung

Langkah Cara Membuat Pelet Ikan Apung

  1. Langkah pertama yang harus Anda siapkan dalam pembuatan pelet ikan apung adalah menyiapkan bahan baku.
  2. Bahan baku tersebut yang masih kasar bisa Anda haluskan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin penggiling, selanjutnya hasil gilingannya bisa diayak sampai didapatkan tepung yang bertekstur halus.
  3. Kemudian Anda masukkan pertama kali bahan-bahan yang bersifat perekat, seperti tepung tapioka dengan pemakaian sekitar 10% sampai 20% dari total campuran pakan total yang digunakan.
  4. Bisa ditambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan tepung gaplek dan tepung onggok.
  5. Masukkan bahan sumber protein utama seperti tepung ikan minimal 20% dari total campuran pakan total. Tepung ikan bisa juga diganti dengan tepung kepala udang, tepung tulang maupun tepung jeroan, sesuai dengan ketersediaan.
  6. Masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total. Kalau memakai bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%.
  7. Untuk pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan total. Bisa juga ditambahkan 1% sampai 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% sampai 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya. Semua bahan ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata.
  8. Terakhir campuran ini diolah dengan mesin pencampur bahan pelet ikan atau mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat pakan apung.
  9. Setelah kering pelet dikemas dalam kantong plastik yang kedap air dan tempatkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

 

Nah itu tadi mengenai Cara Membuat Pelet Ikan Apung yang cara pengolahannya cukup mudah. Dalam pengolahan pelet ikan, pastikan agar bahan pelet ikan diukur kadar protein yang dibutuhkan, supaya pelet dapat dikonsumsi ikan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda, jadi akan lebih mudah untuk mempraktekkannya. Anda bisa segera mencoba membuat pelet ikan apung sendiri di rumah, kalau dirasa sudah tahu caranya dan hasilnya sudah pas, maka Anda secara langsung bisa menjalankan usaha pelet saat ini juga.

Gunakan mesin pelet ikan untuk efisiensi dan hasil yang lebih berkualitas.

Semoga dunia perikanan Indonesia semakin maju. Seperti dunia kelapa yang ada di Indonesia yang dapat menghasilkan minyak sawit, minyak goreng kelapa yang terbuat dari mesin minyak goreng kelapa, santan kelapa, sabut kelapa dll.

Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *