Dari Budaya Mana Ya,  Asal Muasal Cincin Kawin Itu ?  

Dari Budaya Mana Ya,  Asal Muasal Cincin Kawin Itu ?  

   cincin kawin

Belum banyak dijejak dengan seksama dari mana ya asal muasal cincin kawin itu ? Sebagaimana diketahui bersama,  mengenai cincin perkawinan,  sudah jadi hal  kebiasaan kebanyakan norang. Lebih dari itu  cenderung dianggap sebagai hal fundamental dalam  acara tunangan atau pernikahan. Dari mana budaya itu, dari Islam, Kristen, Hindu atau Budha atau kepercayaan lainya ? Penggunaan cincin didalam acara perkawainan ini sudah berlangsung sejak ratusan abad lalu sebagai sebuah  tradisi didalam agama Yunani dan Romawi kuno. Cincin kemudian  dianggap sebagai sebuah simbol cinta kasih antara laki-laki dan perempuan alias pria dan wanita. Nah, kemudian budaya cincin itu  kemudian diadopsi dan dikembangkan di eropa secara besar – besaran. Terutama menyangkut  model hingga bahan pembuatannya.

Ditangan  orang-orang Eropa cincin ini pernah dimodifikasi menjadi model – model unik  lainnya seperti anak kunci dan susunan piramida. Sedangkan menyangkut  bahan pembuatannya juga mengalami perkembangan sangat pesat, dari sekadar lempeng – lempeng besi biasa,  menjadi lempeng – lempeng  kuningan dan perunggu. Untuk orang – orang khusus seperti  para bangsawan dan juga raja-raja di Eropa, perajin cincin  menggunakan berlian sebagai bahan utama yang amat berharga dalam pembuatan cincin. Kemudian pada akhirnya yang kmeudian berkembang dan menyebar luas di masyarakat dunia ini, secara  umum adalah cincin yang bahan pembuatannya dari emas atau platinum serta paladium. Kini pertanyaan dari mana ya asal muasal cincin kawin itu ? terjawab sudah dengan sebaik baiknya.

Lalu apa kesimpulan  penggunaan cincin di dalam suatu acara perkawinan ataupun pertunangan sesungguhnya bukanlah berasal dari agama  Islam atau agama lain selain agama dalam masa penemuan cincin itu. Untuk agama Islam memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yang khas dan berbeda dengan agama dan budaya yang lain. Selanjutnya, karakteristik khas dan ciri unik Islam adalah karakteristik KeTuhanan, yang selalu  mengingatkan kita pada  kemuliaan Sang Pencipta Alam ini. Jadi kalau ada pertanyaan dari mana ya asal muasal cincin kawin itu ? yang jelas itu merupakan pengembangan dari agama Yunani dan Romawi kuno, ratusan bahkan ribuan tahun silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *