Mengenal Bagaimana Cara Penanaman Kelapa Sawit

Mengenal Bagaimana Cara Penanaman Kelapa Sawit

Apakah Anda sedang mencari cara penanaman kelapa sawit? Apa bila iya, maka Anda sudah menemukan apa yang Anda cari. Saat ini banyak sekali petani-petani baru yang mencoba peruntungan dengan membuka lahan kelapa sawit. Hal ini merupakan dampak dari naiknya permintaan kebutuhan kelapa sawit. Ini terjadi karena buah kelapa sawit memiliki banyak sekali manfaat terutama pada bagian minyak, baik minyak untuk memasak atau pun kegiatan industrial hingga ke minya biodiesel.

Cara Penanaman Kelapa Sawit yang Benar

penanaman kelapa sawit
Bibit Sawit

Sebelum membicarakan proses penanaman ada baiknya calon petani mengetahui terlebih dahulu proses penyemaian. Sebelum bisa ditanam, bibit kelapa sawit harus disemai terlebih dahulu. Proses penyemaian ini sendiri membutuhkan waktu sekitar 11 bulan. Bibit yang akan menjadi tunas ditanam pada polybeg berukuran kecil dan polybeg tersebut diisi dengan tanah dan dicampur pupuk. Siramlah polybeg tersebut dengan berkala. Tetapi ingat, jangan sampai menyiram hingga tanah menjadi terlalu basah bahkan becek. Setelah 3 bulan, biji akan tumbuh menjadi tunas dan memiliki daun sekitar 5 helai. Saat ini terjadi, pindahkan pada polybeg dengan ukuran lebih besar dan letakkan pada lahan terbuka. Saat sudah dipindahkan, rawatlah tunas dengan menyiram dan membersihkan gulma dari tanaman.

Setelah 8 bulan dipindahkan ke polybeg besar, maka bibit akan siap tanam. Cara penanaman kelapa sawit ini adalah dengan cara menyiapkan lahan. Pastikan lahan mendapatkan pengairan yang cukup karena kelapa sawit merupakan tanaman dengan kebutuhan air yang lumayan banyak. Saat akan menanam bibit, pastikan untuk membuat jarak antar bibit. Jaraknya yang digunakan adalah 9x9x9 m. Petani bisa menandai lahan terlebih dahulu menggunakan tali atau membentuk sketsa pada lahan. Saat sudah menentukan jarak, maka buatlah lubang sedalam 40 cm dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar 40 cm. Saat lubang sudah dibuat maka letakkanlah pupuk pada dasarnya dan tanam tunas pada lubang dan tutupi dengan tanah.

Nah itu adalah beberapa langkah penanaman kelapa sawit yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba bertanam sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *